Peringkat sistem pendidikan Australia menurut The Programme for International Student Assessment (PISA) untuk tahun 2006 adalah pada skala dunia 6 untuk Membaca, 8 untuk Sains dan 13 untuk Matematika. Education Index yang diterbitkan bersama dengan badan PBB Human Development Index pada tahun 2008, berdasarkan data dari tahun 2006 tersebut, daftar Australia sebagai 0,993 di antara yang tertinggi di dunia. Ranking Australia berdekatan dengan negara-negara ranking teratas yaitu Denmark, Finlandia dan Selandia Baru.

Pendidikan di Australia merupakan tanggung jawab negara bagian dan teritori. Setiap negara bagian atau wilayah pemerintah menyediakan dana dan mengatur sekolah negeri dan swasta dalam area otonominya, pemerintah federal membiayai universitas, namun mereka menetapkan kurikulum mereka sendiri.

Secara umum, pendidikan di Australia mengikuti model tiga-lapis yang meliputi:

  • pendidikan dasar (primary schools)
  • pendidikan menengah (secondary schools/high schools)
  • pendidikan tinggi (universities dan atau TAFE Colleges).

Pendidikan adalah wajib sampai usia yang ditetapkan oleh undang-undang. Usia ini bervariasi dari satu negara bagian ke negara tetapi umumnya 15-17 tahun, yaitu sebelum menyelesaikan pendidikan menengah. Pendidikan wajib setelah itu diatur dalam Australian Qualifications Framework yaitu suatu kesatuan sistem kualifikasi nasional di sekolah-sekolah, pendidikan kejuruan dan pelatihan (TAFE) dan sektor pendidikan tinggi (universitas).

Tahun akademik di Australia bervariasi antara lembaga-lembaga, tetapi umumnya berlangsung:

  • mulai akhir Januari atau awal Februari sampai pertengahan Desember untuk sekolah dasar dan menengah, dengan sedikit variasi di liburan inter-term
  • dari akhir Februari sampai pertengahan November untuk universitas dan perguruan tinggi TAFE, dengan liburan musiman dan break untuk setiap institusi pendidikan.

 
Pre-school

Pre-school (juga dikenal sebagai TK di beberapa negara bagian dan teritori) di Australia relatif tidak diatur, dan tidak wajib. Pengalaman pertama banyak anak-anak Australia untuk belajar dengan orang lain di luar pengasuhan tradisional adalah pada penitipan siang hari (day care) atau kelompok bermain (playgroup). Kegiatan semacam ini umumnya tidak dianggap sekolah, namun sebagai pendidikan pra-sekolah terpisah dari sekolah dasar di semua negara dan teritori, kecuali Western Australia dan Queensland di mana pendidikan pra-sekolah diajarkan sebagai bagian sistem sekolah dasar.

Pra-sekolah biasanya dijalankan oleh Pemerintah Negara Bagian dan Wilayah, kecuali di Victoria, South Australia dan New South Wales di mana mereka dijalankan oleh dewan lokal, kelompok masyarakat atau organisasi swasta. Pra-sekolah yang ditawarkan untuk usia tiga sampai lima tahun; nomor pertemuan sangat bervariasi antara negara, namun 85.7.% dari anak-anak pra-sekolah dihadiri tahun sebelum sekolah Tahun sebelum seorang anak dijadwalkan menghadiri sekolah dasar merupakan tahun utama untuk pendidikan pra-sekolah . Tahun ini jauh lebih sering dihadiri, dan dapat mengambil bentuk beberapa jam aktivitas selama hari kerja.

Tanggung jawab untuk pra-sekolah di New South Wales dan Victoria, terletak pada Department of Community Services dan Departemen Human Services masing-masing. Di semua negara-negara lain dan teritori Australia, tanggung jawab untuk pra-sekolah bersandar pada departemen pendidikan yang terkait.

 
Secondary School

Pendidikan wajib di Australia antara usia lima dan 15-17, tergantung pada negara bagian atau wilayah, dan tanggal lahir. Dalam beberapa tahun terakhir, lebih dari tiga perempat siswa tinggal di sekolah sampai mereka berusia tujuh belas tahun. Sekolah pemerintah mendidik sekitar dua pertiga dari siswa di Australia, dengan sepertiga lainnya di sekolah Katolik dan Independen. Sebagian kecil siswa secara hukum dididik di rumah (home schooled).

Pemerintah umumnya memungut biaya sekolah yang kecil meliputi biaya administrasi yang sangat kecil, sementara sekolah Katolik dan sekolah Independen memungut biaya yang lebih besar. Sekolah Pemerintah (juga dikenal sebagai Public School) adalah bebas untuk dihadiri bagi warga Australia dan permanent residence, sedangkan Katolik dan Independen sekolah biasanya memungut biaya kehadiran. Namun di samping biaya kehadiran; stasioner, buku, seragam, gedung sekolah dan biaya-biaya lainnya tidak tercakup dalam pembiayaan pemerintah. Biaya tambahan tersebut untuk sekolah diperkirakan berada di rata-rata $ 316 per tahun per anak.

Terlepas dari apakah sekolah merupakan bagian dari Pemerintah, Katolik atau Independen sistem, mereka diwajibkan untuk mematuhi kerangka kurikulum yang sama negara atau wilayah. Sebagian besar siswa mengenakan pakaian seragam sekolah, meskipun ada dari beberapa sekolah-sekolah di Australia tidak mengharuskan seragam.

 
Sekolah-Sekolah Dasar Khatolik dan Independent

Sebagian besar sekolah Katolik yang baik dijalankan oleh paroki setempat dan atau oleh masing-masing Departemen Pendidikan Katolik negara bagian.

Sekolah Non-Katolik dan non-pemerintah sering disebut sekolah Independen, dan mendaftarkan diri sekitar 14% dari siswa. Ini termasuk sekolah yang dioperasikan oleh kedua kelompok agama dan filsafat pendidikan sekuler seperti Montessori. Sebagian besar sekolah Independen adalah beragama, dengan sebagian besar merupakan Anglikan. Beberapa sekolah Katolik dan Independen memungut biaya tinggi. Pendanaan Pemerintah untuk sekolah-sekolah ini sering datang di bawah kritik dari Australian Education Union dan Partai Buruh Australia.

 
Usia Sekolah

Siswa mungkin sedikit muda atau lebih tua dari tercantum dalam daftar di bawah ini, karena variasi antara negara-negara dan teritori. Beberapa sekolah bervariasi dalam menentukan Year 7 adalah bagian dari tahun Primer atau Sekunder, serta adanya sistem Sekolah Menengah seperti di Northern Territory. Nama untuk tahun pertama sekolah dasar bervariasi antara negara-negara dan wilayah, misalnya apa yang dikenal sebagai Taman Kanak-Kanak di ACT dan NSW mungkin berarti tahun sebelumnya pada tahun pertama sekolah dasar atau bahkan tahun sebelum ini di negara-negara lain dan wilayah.

Primary Schools

Kindergarten: anak usia 4-5 tahun (QLD)
Pre-school/Kindergarten/Prep: anak usia 4-5 tahun (ACT, NT, NSW and SA/ TAS, VIC and WA / QLD)
Kindergarten/Preparatory/Pre-Primary/Reception/Transition: anak usia 5-6 tahun (ACT dan NSW/QLD, TAS dan VIC/WA/SA/NT)
Year 1: anak usia 6-7 tahun
Year 2: anak usia 7-8 tahun
Year 3: anak usia 8-9 tahun
Year 4: anak usia 9-10 tahun
Year 5: anak usia 10-11 tahun
Year 6: anak usia 11-12 tahun
Year 7: anak 12-13 tahun (QLD, SA, WA)

Secondary Schools

Year 7: anak usia 12-13 tahun (ACT, NSW, TAS, VIC) (High School NT)
Year 8: anak usia 13-14 tahun
Year 9: anak usia 14-15 tahun
Year 10: anak usia 15-16 tahun (High School NT)
Year 11: anak usia 16-17 tahun
Year 12: anak usia 17-19 tahun

 
English Language Schools

English Language School adalah juga berperan sebagai pintu masuk untuk mengikuti pendidikan di semua jenjang pendidikan di Australia. Baik institusi pemerintah maupun swasta di seluruh Australia umumnya menawarkan Program studi bahasa Inggris penuh waktu bagi siswa internasional. Program ini disebut ELICOS (English Language Intensive Courses for Overseas Students). Umumnya institusi pendidikan menyediakan laboratorium bahasa modern, perpustakaan dan instruktur berkualitas.

Siswa asing dari lebih 50 negara datang ke Australia setiap tahun untuk mengejar Program studi bahasa Inggris. Australia telah lama dikenal sebagai penyedia internasional pendidikan bahasa pertama-tingkat bahasa Inggris.

Program studi-Program studi bahasa Inggris yang ditawarkan dapat mengambil salah satu dari banyak bentuk. Selengkapnya bisa Anda baca di halaman English Courses.

Singkatnya, mahasiswa memiliki pilihan untuk belajar bahasa Inggris di Australia sebagai bagian dari program pendidikan formal yang mempersiapkan mereka untuk akreditasi tingkat bahasa Inggris yang diakui oleh otoritas pendidikan dan imigrasi atau hanya sekedar melakukan Program studi singkat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka ketika berkunjung ke Australia sebagai bagian dari liburan.

 
Vocational Education and Training (VET)

Vocational Education and Training (VET) adalah institusi pasca sekolah menengah swasta yang menawarkan program seperti diploma dan sertifikat dalam berbagai bidang studi seperti komputer, desain, pelatihan pilot, manajemen bisnis, perhotelan dan pariwisata, pemasaran dan studi kesekretariatan. Beberapa penyedia layanan swasta yang lebih besar juga menawarkan pelatihan bahasa Inggris dan merupakan ELICOS college yang terdaftar pada CRICOS.

Perguruan tinggi swasta yang menawarkan program kejuruan bervariasi dalam ukuran, mulai dari populasi siswa penuh waktu dari 50 sampai 500 siswa. Kelas cenderung kecil. Rasio rata-rata guru dengan murid adalah 1:20.

Persyaratan masuk dan durasi program studi bervariasi sesuai dengan institusi. VET Bisnis memiliki baik program sertifikat dan diploma. Program diploma biasanya lebih dari 40 minggu dan program sertifikat berkisar 12-30 minggu. Selain itu, VET mungkin menawarkan bridging program untuk beberapa program tersier.

Selengkapnya bisa Anda baca di halaman Vocational Education and Training (VET).

 
Technical and Further Education (TAFE)

The Australian Technical and Further Education (TAFE) adalah sistem yang dimiliki pemerintah nasional. TAFE memiliki lebih dari 200 perguruan tinggi yang terletak di seluruh negeri. Dengan lebih dari 100 tahun pengalaman dalam memberikan program kualitas, kualifikasi TAFE diakui secara internasional.

TAFE menyediakan Program studi praktis yang lebih berfokus pada pekerjaan daripada program studi pada universitas. Mereka mengajarkan keterampilan praktis yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu dalam industri dengan konten teoritis yang lebih sedikit dibandingkan dengan program universitas. Bisnis dan industri secara langsung terlibat dalam desain program sehingga TAFE memberikan keterampilan dan pengetahuan yang diinginkan pengusaha. Banyak program TAFE mengarah ke program universitas, beberapa dengan transfer kredit yang bisa berlaku untuk satu dan kadang-kadang dua tahun.

TAFE juga menyediakan berbagai Program studi dalam bahasa Inggris untuk Penutur Non-English.

Pendidikan dan pelatihan kejuruan umum, atau TAFE Institutes, berlangsung dari bulan Februari sampai Desember. Program studi TAFE bervariasi dari program pendek hanya setengah hari hingga program penuh waktu selama tiga tahun. Kebanyakan program studi dimulai pada awal tahun akademik. Namun, ada beberapa program yang memiliki penerimaan pertengahan tahun.

Selengkapnya bisa Anda baca di halaman Technical and Further Education (TAFE).

 
Foundation Courses

Program foundation courses adalah program yang membantu siswa internasional yang pada awalnya tidak mungkin memenuhi persyaratan masuk ke program studi sarjana di universitas-universitas Australia atau perguruan tinggi TAFE/VET. Program ini juga membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan akademik Australia dan kehidupan di Australia. Beberapa program foundation course menjanjikan penempatan di universitas tertentu setelah berhasil menyelesaikan program ini.

Selengkapnya bisa Anda baca di halaman Foundation Courses.

 
University

Ada 39 universitas di Australia, semua tercatat di register Australian Qualifications Framework (AQF). Institusi besar tersebut menawarkan berbagai program studi termasuk pertanian, arsitektur, seni, bisnis, ilmu komputer / teknologi, kedokteran gigi, ekonomi, pendidikan, rekayasa, ilmu kesehatan, hukum, kedokteran, musik, keperawatan, ilmu pengetahuan dan ilmu kedokteran hewan. Kebanyakan institusi menerima kualifikasi dari institusi lainnya untuk kredit terhadap kualifikasi lain atau sebagai prasyarat untuk memperoleh kualifikasi yang lebih tinggi.

Hampir 84.000 siswa internasional dari lebih 80 negara belajar di universitas Australia.

Program studi universitas di Australia berjalan dari awal Maret sampai akhir November, biasanya dibagi menjadi dua semester. Beberapa institusi menawarkan sistem trimester dan/atau menjalankan summer school dari Desember-Februari sementara yang lain memiliki penerimaan pada bulan Juli. Kebanyakan program sarjana melibatkan 3 tahun belajar dengan pengecualian untuk Teknik, Arsitektur dan Kedokteran. Engineering di Australia adalah 4 tahun, sementara Arsitektur adalah minimal 5 tahun dengan program kesehatan bisa mencapai 5 atau 6 tergantung pada universitas.

Studi pascasarjana termasuk program yang mengarah ke Graduate Certificates, Graduate Diploma, Master dan Doctoral degree. Mahasiswa pascasarjana dapat memulai studi mereka selama Februari atau intake Juli. Master by coursework memakan waktu 12 sampai 18 bulan untuk menyelesaikan, sedangkan research masters degrees membutuhkan waktu sekitar 2 tahun studi full time. Mahasiswa PhD mungkin dapat menegosiasikan alternatif tanggal dimulai dengan supervisor studi mereka dan biasanya membutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikan studi.

Selengkapnya bisa Anda baca di halaman Universities.

 
Study Abroad or Exchange Program

Program study abroad atau student exchange biasanya meliputi penyelesaian satu atau dua semester studi di luar negeri. Kredit dari beberapa atau semua hasil dari program ini akan dihitung sebagai penambah atas studi Anda di lembaga pendidikan asal.

Jumlah kredit yang bisa ditransfer untuk studi yang diselesaikan di Australia bervariasi dan tergantung pada sistem akademik di lembaga pendidikan asal Anda. Siswa biasanya diperbolehkan untuk mendaftar di setiap mata pelajaran yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan Australia yang mereka pilih, meskipun untuk bisa mengikuti beberapa mata pelajaran tertentu dapat tergantung pada apakah siswa bersangkutan dapat memenuhi persyaratan yang diminta, sehingga sangat penting untuk memeriksa dengan penasihat akademik di lembaga pendidikan asal Anda dan lembaga pendidikan Australia yang dituju.

Selengkapnya bisa Anda baca di halaman Study Abroad or Exchange Program.