Monash University – Belajar di Melbourne, Australia

Monash University (atau selanjutnya kita sebut Monash saja), walau baru berumur 50 tahunan telah berhasil mengukuhkan diri sebagai universitas terbaik di Melbourne dan masuk di jajaran universitas terkemuka di Australia. Reputasi internasional yang diperolehnya dalam waktu singkat berhasil menarik puluhan ribu mahasiswa dari berbagai negara baik yang langsung datang ke Australia atau yang langsung bergabung di kampus International Monash di mancanegara.

Mengapa mereka memilih Monash? Karena Monash mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi tenaga kerja global. Selain bisa bergabung dengan kampus international Monash para mahasiswa juga bisa berkuliah di universitas-universitas yang menjalin kemitraan dengan Monash termasuk Warwick University (England) dan Arizona State University (USA).

 

State

Victoria

 

Location

Melbourne

 

Campus(es)

Monash mempunyai kampus-kampus utama di Australia juga di mancanegara. Adapun di Australia terdapat 6 kampus yang berada sekitar kota Melbourne, yaitu Berwick, Caulfield, Clayton, Gippsland, Parkville dan Peninsula. Sedangkan di mancanegara terdapat kampus di Mumbai, India; Prato, Italia; Sunway, Malaysia; dan di Johannesburg, Afrika Selatan.

 

Website

Monash University

 

About/History

Monash University sebagai salah satu universitas anggota kelompok 8 baru didirikan pada tahun 1958, dan mulai menerima mahasiswa pertama kalinya tahun 1961. Nama Monash diambil dari nama pendirinya Sir John Monash.

Monash menyatakan dirinya sebagai universitas “perubahan” yang berkeinginan untuk menciptakan perubahan dengan menginformasikan segala yang mereka lakukan.

Visi Monash adalah universitas kemajuan dan optimisme. Monash melihat masa depan yang cerah bukan hanya sebagai kemungkinan, melainkan sebagai tanggung jawab dan membantu mewujudkannya.

Ambisi Monash adalah menjadi satu dari institusi riset dan pengajaran papan atas dengan cepat, dan menjadi salah satu dari universitas-universitas terbaik di dunia.

Model kurikulum yang ada di Monash dikenal dengan The Monash Passport. Di mana mahasiswa bisa memilih program dan mengembangkan keterampilan sesuai karir yang dikehendakinya nanti bahkan mulai dari minggu pertama mereka di universitas. Monash Passport memberi lebih dari sekedar gelar yang diperoleh melalui perkuliahan. Dunia adalah kampus mereka, mereka belajar melalui kegiatan sukarelawan (volunteering) dan penelitian.

 

Faculties

Tersedia berbagai program studi yang terbagi dalam 10 Fakultas di Monash, yaitu: Art and Design; Arts; Business and Economics; Education; Engineering; Information Technology; Law; Medicine, Nursing, and Health Sciences; Pharmacy and Pharmaceutical Sciences; and Science.

Untuk International Student yang telah lulus SMA dan tertarik untuk melanjutnya ke Monash bisa juga mengikuti program Monash University Fondation Year (MUFY). Program MUFY ini merupakan transisi yang tujuannya mempersiapkan dan menjembatani siswa asing untuk layak bergabung menjadi mahasiswa program sarjana (undergraduate) di Monash.

 

Students & Staff

Tahun 2010, jumlah mahasiswa yang mendaftar tak kurang dari 60.000 orang dengan sebagian besar di antaranya perempuan. Dari jumlah itu tak kurang dari 22.000 pendaftar adalah dari mancanegara baik yang terdaftar di kampus-kampus luar negeri ataupun yang langsung bergabung di Australia. Fakultas dengan jumlah pendaftar terbanyak adalah fakultas bisnis dan ekonomi.

 

Facilities

Didukung oleh 15.000 ribu staff akademik berbakat yang tersebar di mancanegara dengan 7.800 lebih di antaranya staff permanen.

Fasilitas akademik unggulan di Monash salah satunya adalah perpustakaan. Dengan total 3,2 juta koleksi meliputi tak kurang dari 2 juta buku, 300.000 e-books, jurnal dan sumber elektronik lainnya.

Fasilitas lain untuk mahasiswa adalah akomodasi di lingkungan kampus, fitness centre, kolam renang, klub olahraga, klinik kesehatan.

 

Highlights

Walau baru berumur 50 tahun. Monash cukup bangga dengan prestasinya bisa dibanggakan di tingkat dunia. Monash termasuk 1% universitas terbaik di dunia menurut Times Higher Education World University Rankings 2010.

Dan khusus untuk bidang Clinical, Pre-Clinical and Health; and Life Sciences mendapatkan peringkat 50 universitas teratas di dunia versi Times Higher Education World University Rankings 2010 dan juga peringkat 50 di bidang Arts and Humanities; Life Sciences and Medicine; and Social Sciences and Management versi QS World University Rankings

 

Research

Penelitian di Monash bermitra dengan jaringan global. Termasuk dengan Indian Institute of Technology Bombay dan institusi lainnya. Riset unggulan di Monash sejalah dengan prioritas pemerintah dan di kelompokkan menjadi 4 bidang yaitu kesehatan, teknologi masa depan, lingkungan serta budaya dan masyarakat.

Beberapa hasil riset unggulan yang diakui dunia dari Monash adalah bayi tabung (In-Vitro Fertilization – IVF), Undang-undang mengenai sabuk pengaman, pengobatan flu dan malaria, terobosan penelitian kanker dan penelitian sel induk (stem cell)

 

Alumni

Jaringan alumni Monash mencapai 250.000 orang dengan banyak di antaranya yang bekerja di jajaran pimpinan di berbagai negara. Komunitas alumni global menyediakan progam dukungan karir, seminar, diskon, dan sumber-sumber perpustakaan.

 

Scholarships & Sponsored Students

Berbagai pilihan beasiswa tersedia di Monash, tidak hanya berdasarkan keunggulan akademis semata namun lebih jauh lagi memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa dari berbagai latar belakang untuk belajar di Monash.

  • Informasi mengenai beasiswa program course work bisa dibaca di sini
  • Informasi berbagai beasiswa untuk program postgraduate research bisa dibaca di sini

 

Study Cost

Untuk mengetahui biaya studi pada setiap program yang ditawarkan bisa diperoleh di Monash Course Finder.

 

International Student Programs & Fees

Gunakan Monash Course Finder untuk menemukan rincian masing-masing program studi, persyaratan masuk, biaya dan juga peluang karir bagi semua siswa level sarjana, pascasarjana dan juga bagi yang melakukan studi off-campus.

 

Mahasiswa Indonesia di Monash University

Jumlah pelajar Indonesia yang telah atau saat ini menempuh studi di Monash University secara persis tidak diketahui. Sementara total mahasiswa Indonesia di Victoria per April 2011 menurut data AEI adalah 4,516 orang. Mayoritas pelajar Indonesia umumnya bermukim di wilayah metropolitan Melbourne.

 

Let us help you to study in Melbourne!

Sekilas Tentang Studi di Melbourne
Konsultasi Dengan Counsellor MJ Education
Dapatkan Juga Diskon 5% Biaya Kuliah Dari MJ Education
Persiapan Belajar di Australia
Persyaratan Visa Pelajar Australia
Persyaratan Keuangan Untuk Visa Pelajar Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*